Ilustrasi Baju Lebaran.
Sumber :
  • pexels

Penjelasan Buya Yahya Soal Baju Lebaran: Dianjurkan, Tapi..........

Kamis, 20 April 2023 - 03:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Buya Yahya menjelaskan mengenai hukum dalam Islam mengenai baju bagus untuk Lebaran. Hal itu menurutnya, memang dianjurkan dan tidak dilarang oleh Nabi Muhammad SAW. Namun ada hal-hal yang harus diingat oleh seluruh umat Islam.

Sebagaimana kita tahu, menjelang Lebaran, pusat-pusat perbelanjaan tampak dipadati dengan pengunjung yang ingin membeli perlengkapan khususnya pakaian untuk dipakai Hari Raya Idul Fitri.

Tradisi memang cukup melekat di masyarakat Indonesia. Tak sedikit yang yang memang sengaja membeli pakaian baru yang akan nantinya mereka gunakan saat shalat Idul Fitri hingga bersilaturahmi kepada sanak saudara.

Lantas bagaimanakah hukumnya membeli baju Lebaran dalam Islam?

Buya Yahya mengatakan memang mengenakan pakaian bagus saat Lebaran itu adalah sunnah yang artinya dilakukan oleh Rasulullah SAW. Namun itu sifatnya anjuran.

“Anjuran menggunakan gunakan baju baru dan baju bagus memang ada, itu bukan anjuran tapi kebiasaan saat berhari raya, bagus bukan baru,” kata Buya Yahya sebagaimana dikutip oleh tvOnenews melalui Kanal YouTube Buya Yahya pada Rabu (19/4/2023).

Kemudian Buya menjelaskan bahwa dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW tak pernah melarang umatnya menggunakan baju bagus namun yang dilarang jika memakai bahan dari sutra.

“Ada hadits yang menceritakan Sayyidina umar, ia beli jubah dari sutra, lalu berkata kepada Nabi, beli ini dan pakailah untuk hari raya dan menyambut tamu, Nabi berkata Ini adalah bajunya orang yang tidak mendapatkan baju di akhirat, tidak boleh laki-laki pakai baju sutra, tap Nabi tidak melarang menggunakan baju bagus,” kata Buya Yahya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral