Ilustrasi Khalifah.
Sumber :
  • freepik

Mengenal Khulafaur Rasyidin, Para Pemimpin Umat Islam Setelah Nabi Muhammad SAW Wafat

Rabu, 10 Mei 2023 - 12:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Setelah Nabi Muhammad SAW wafat pada 12 Rabi'ul Awal tahun 11 Hijriah, kepemimpinan Islam dipegang oleh para khulafaur rasyidin.

Adapun tokoh-tokoh pimpinan kaum muslimin yang memiliki gelar Khulafaur Rasyidin adalah, Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Hasan bin Ali, dan Umar bin Abdul Aziz, sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh Nawawi Banten dalam kitabnya, Sullam al-Munajah Syarah Safinatus Sholat, seperti yang dilansir oleh tvOnenews dari tulisan Ustadz Sunnatullah di laman NU Online pada Rabu (10/5/2023).

Para khulafaur rasyidin menjadi pimpinan-pimpinan, sebagaimana sosok yang menjadi teladan bagi mereka, yaitu Rasulullah SAW. 

Khulafaur rasyidin mewakili nabi Muhammad SAW dalam mewujudkan keadilan, menyebarluaskan kebajikan.

Berikut biografi para khulafaur rasyidin, sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh Nawawi Banten (wafat 1316 H) dalam kitab Sullam al-Munajah Syarah Safinatis Shalat, cetakan Darul Kutub al-Wasathiyah, halaman 5-6.


(sumber: Istimewa)

Abu Bakar As-Shiddiq 

Setelah Rasulullah SAW wafat, sahabat Abu Bakar merupakan khulafaur rasyidin pertama. 

Abu Bakar yang sekaligus mertua Nabi itu ditunjuk oleh para sahabat sebagai pengganti Rasulullah dalam memegang kendali umat Islam.

Abu Bakar memiliki sosok yang santun, adil, penyayang, dan bijaksana dalam dirinya.

Oleh karena itu, para sahabat sepakat untuk menunjuknya sebagai pimpinan umat Islam saat itu. 

Menurut Syekh Nawawi Banten, Abu Bakar menjadi pimpinan umat Islam selama dua tahun setengah. 

Saat itu, ia tidak hanya memiliki tugas untuk menyebarkan ajaran Islam, namun juga memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan kaum muslimin yang sudah keluar dari ajaran Islam (murtad) pasca-meninggalnya Rasulullah SAW.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral