Ilustrasi Orang sedang Shalat.
Sumber :
  • Istockphoto

Shalat Jangan Asal! Jika Merasa Belum Khusyuk, Simak Cara yang Diajarkan dalam Hadits Berikut Ini

Sabtu, 20 Mei 2023 - 15:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Shalat khusyuk adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan shalat yang dilakukan dengan penuh konsentrasi, dan perasaan yang sungguh-sungguh. 

Ketika seorang muslim melaksanakan shalat dengan khusyuk, pikiran dan perasaannya akan sepenuhnya terfokus pada ibadah tersebut, tanpa teralihkan oleh pikiran-pikiran yang tidak relevan.

Khusyuk dalam segi bahasa, berasal dari kata خُشَّع yang menurut Professor Doktor Mahmud Yunus di dalam kamus Arab Indonesianya diartikan tunduk, rendah dan takluk.

Khusyuk dalam shalat adalah suatu proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Bahkan, saat awal mula shalat diwajibkan, para sahabat belum khusyuk sepenuhnya. Kemudian, Allah SWT menurunkan ayat yang berisi perintah untuk shalat khusyuk. Ayat itu terdapat di awal surah al-Mu’minun.

قَدۡ اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙ. الَّذِيۡنَ هُمۡ فِىۡ صَلَاتِهِمۡ خَاشِعُوۡنَ

Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya, (Surah al-Mukminun ayat 1-2)

Sementara, Imam Durori dalam buku Pendidikan Agama Islam bagi Masyarakat Awam menjelaskan lebih lanjut bahwa dalam konteks shalat maka khusyuk dapat diartikan sebagai suatu kondisi shalat yang tenang, benar-benar tunduk dan merunduk, merasa teramat kecil dan teramat rendah di hadapan Allah SWT.

Sebagai seorang muslim haruslah sadar bahwa shalat adalah hal yang sangat penting. Hal ini karena shalat adalah hal pertama yang akan dimintai pertanggungjawaban.

Seorang muslim yang baik pastilah akan berusaha untuk melakukan shalat dengan sebaik-baiknya, karena itu sebagai perwujudan penghambaan kepada Tuhannya.

Jika kadang-kadang Anda merasa kurang khusyuk, jangan berkecil hati. Terus berusaha dan berdoa kepada Allah untuk memperbaiki kualitas shalat Anda.

Cara Agar Shalat Khusyuk

Al Imam al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqalani di dalam kitabnya Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam mencantumkan beberapa hadits yang berkenaan dengan cara menyempurnakan shalat secara khusyuk.

1. Tidak Bertolak Pinggang Sewaktu Melaksanakan Shalat

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral