Ilustrasi.
Sumber :
  • Freepik.com

Kenapa Allah Menciptakan Cicak, Kalau Hanya untuk Dibunuh? Ternyata...

Senin, 5 Juni 2023 - 15:17 WIB

tvOnenews.com - Dalam Agama Islam cicak ternyata menjadi salah satu hewan yang diperangi atau harus dibunuh karena merupakan hewan pengganggu yang bisa mengganggu manusia.

Sebagaimana yang disampaikan dalam hadits riwayat muslim, dimana ada hewan yang membahayakan yang boleh dibunuh di tempat halal dan haram yaitu ular, burung gagak yang berwarna belang-belang, tikus, anjing yang suka menggigit dan burung Hudaya atau sejenis Rajawali.

Selain itu diceritakan Ummul Mukminin Aisyah Radhiyallahu Anhu, berkata sesungguhnya Rasulullah SAW menceritakan kepada kami bahwa Nabi Ibrahim AS ketika dilemparkan kedalam api oleh Raja Namrud tidak ada seekor hewan pun melainkan berusaha untuk memadamkan api kecuali cicak.

Diriwayatkan oleh Al Munawi dalam kitab Faidhul Qadir mengatakan, "Allah SWT memerintahkan untuk membunuh cicak memiliki sifat tercela, dimana dikisahkan ia meniup api yang membakar Nabi Ibrahim AS sehingga api tersebut semakin membesar".

Bukan hanya itu, dalam agama Islam membunuh cicak merupakan sebuah sunnah. Seperti yang disampaikan Imam Nawawi dalam kitab Syarah Shahih Muslim menyebutkan kalau cicak merupakan hewan fasik yang memberikan dampak mudharat dan mengganggu manusia.

Beberapa hadist pun sangat menganjurkan untuk membunuh cicak,dimana dikatakan kalau Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk membunuh cicak dan beliau menyebut cicak sebagai hewan fasiq.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral