Ustaz Adi Hidayat.
Sumber :
  • Tangkapan layar

Sudah Wudhu tapi kok Makan dan Minum, Memangnya Boleh? Ustaz Adi Hidayat Bilang Hal itu Ternyata...

Kamis, 10 Agustus 2023 - 12:58 WIB

tvOnenews.com -  Saat sedang mengisi sebuah kajian Islami, Ustaz Adi Hidayat mendapatkan sebuah pertanyaan dari salah satu jamaahnya terkait apakah makan dan minum berpengaruh kepada wudhu atau membatalkan wudhu.

Pada Kesempatan itu pun Ustaz Adi Hidayat menjelaskan terlebih dahulu terkait teori berwudhu yang dijelaskan didalam Al Quran tepatnya di surah Al Maidah ayat ke 6.

"Kita bisa mengambil teori soal wudhu yang pertama ada di Al Quran surah Al Maidah ayat ke 6, kemudian terkait dengan makanannya yang berpengaruh kepada wudhu atau tidak ada didalam hadits riwayat muslim," kata Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan kalau didalam surah Al Maidah ayat keenam disebutkan jika ingin melaksanakan salat maka sempurnakan terlebih dahulu wudhunya.

"Dalam Q.S Al Maidah ayat keenam dikatakan "Hai orang-orang yang menyatakan dirinya beriman kepada Allah SWT, jika Anda ingin melaksanakan salat maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah" jelas Ustaz Adi Hidayat.

"Tafsir dari ayat ini bisa ditemukan di hadits riwayat muslim di bab tentang orang yang salatnya bermasalah. Nabi Muhammad SAW mengatakan kalau Anda ingin menyempurnakan salat Anda, maka sempurnakan dulu wudhunya," sambungnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral