KH. Ahmad Bahauddin Nursalim Ulama atau Gus Baha, Ulama Asal Rembang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Tangkapan Layar/Instagram/Ngajigusbaha

MasyaAllah, Ternyata di Balik Kemerdekaan Indonesia Ada Kisah Prediksi Para Ulama Nusantara, Simak Penjelasan Gus Baha Berikut Ini

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 16:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - K.H. Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha menjelaskan tentang kemerdekaan Indonesia dari sudut ulama.

Gus Baha mengatakan bahwa sebenarnya para ulama sudah memprediksi bahwa kemerdekaan Indonesia akan didapat setelah negara lain mengalahkan bangsa yang menjajah Indonesia.

“Itu dulu Kyai sudah nakwil, bahwa menangnya Indonesia itu harus mengalahkan penjajah pokoknya nanti penjajah ada yang ngalahkan,” ujar Gus Baha sebagaimana dikutip dari kanal YouTube NUN Channel pada Sabtu (12/8/2023).

Hal itu kata Gus Baha sama dengan sejarah saat Persia yang dikalahkan oleh Romawi.

“Orang Islam zaman itu tidak bisa mengalahkan Persia, yang mengalahkan itu Romawi, tapi orang Islam ikut gembira itu. Wayum waizi yafrohul mu'minun bina yislah,” kata Gus Baha.

Gus Baha menceritakan bahwa dulu ia mendengarkan kisah Persia dan Romawi itu saat ikut ke sebuah kajian bersama ayahnya.

Saat itulah, Gus Baha mendengarkan sejarah Romawi dan Persia.

“Umar bin Arabi sama dengan keluarganya KH. Hamid Pasuruan, Itu beliau cerita bahwa kemenangan Islam itu tidak harus kita yang memenangkan hilang, kadang Allah bikin orang lain yang kangelan kitanya ikut menang,” ujar Gus Baha.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:00
11:11
09:23
08:52
01:36
04:20
Viral