Padahal Sudah Tahu Bahaya, Jika Banyak Cicak di Rumah Langsung Dibunuh atau Dibiarkan Saja? Ustaz Adi Hidayat Bilang Sebaiknya di....
Sumber :
  • Kolase Tim tvOnenews

Padahal Sudah Tahu Bahaya, Jika Banyak Cicak di Rumah Langsung Dibunuh atau Dibiarkan Saja? Ustaz Adi Hidayat Bilang Sebaiknya di...

Kamis, 19 Oktober 2023 - 17:54 WIB

tvOnenews.com - Ustaz Adi Hidayat menyampaikan dalam salah satu ceramahnya bahwa sebelum persoalan membunuh cicak di rumah, ada yang harus dipahami terlebih dahulu.

Sebagaimana hadis Muslim nomor 2238 riwayat Sa'ad bin Abi Waqqas, termasuk hadis Al Bukhari nomor 3359 riwayat Ummu Syuraik.

Menurutnya, hikmah Allah saat menciptakan suatu mahluk apapun bentuknya, setidaknya terdiri dari 3 hal. 

Pertama, ada ujian kemaslahatan, jadi makhluk itu diciptakan agar kita mengambil kemaslahatan dan kebaikannya saja.

Seperti saat Allah menciptakan lebah untuk kemudian diambil madu darinya. Kita gak pernah mempermasalahkan lebahnya, hanya fokus ambil madunya dan sengatannya untuk obat.

Kedua, sebagai ujian mudharat agar kita mengetahui ada keburukan yang harus kita hindari. Misalnya nyamuk diciptakan untuk menunjukkan ada lingkungan kotor disitu dan ada penyakit yang harus dihindari.

"Makanya ketika dia muncul, fitrahnya dia memang mesti dibunuh. Kenapa harus dibunuh, karena di lingkungan itu ada yang kotor dan membawa kotoran yang mungkin bisa berpindah satu dengan lainnya," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral