Tak Sengaja Menginjak atau Melangkahi Kuburan Orang Lain Saat Ziarah Memangnya Berdosa? Ustaz Syafiq Riza Basalamah Bilang....
Sumber :
  • Kolase Tim tvOnenews

Tak Sengaja Menginjak atau Melangkahi Kuburan Orang Lain Saat Ziarah Memangnya Berdosa? Ustaz Syafiq Riza Basalamah Bilang...

Jumat, 27 Oktober 2023 - 21:10 WIB

tvOnenews.com - Mungkin sebagian dari Anda pernah memiliki pengalaman baik sengaja atau tidak, melangkahi dan menginjak kuburan orang lain saat ziarah kubur.

Lantas apakah dalam Islam hal ini dipandang berdosa atau tidak. Terlepas dari keadaan pada saat Anda menginjak atau melangkahi kuburan orang lain.

Ziarah kubur merupakan salah satu hal yang dipandang sunnah dan mubah. Hal ini yang kemudian menjadi pertanyaan salah satu jamaah kepada Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

"Ustaz, kuburan di negeri kita banyak yang tidak tertata dan tidak kelihatan. Apakah kita berdosa jika sengaja melangkahi karena sulit mencari jalan?," tanya jamaah.

Dilansir dari YouTube The Islam Query, Jumat (27/10/23) berikut adalah jawaban Ustaz Syafiq Riza Basalamah terkait orang yang menginjak kuburan orang lain saat ziarah.

"Ya artinya berusaha lah. Kita berusaha untuk tidak menginjak itu kuburan. Tapi kalau memang gak ada jalan kecuali disana, ya karena terpaksa," terang Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Disebutkan dalam hadis riwayat Muslim disebutkan bahwa menginjak atau duduk diatas kuburan itu dilarang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral