Benarkah Dosa Ghibah Tidak Bisa Dihapus dengan Shalat, Puasa atau Haji Sekalipun? Buya Yahya: Urusanmu dengan Manusia, Ya Selesaikan!.
Sumber :
  • pixabay/sammy-sander

Benarkah Dosa Ghibah Tidak Bisa Dihapus dengan Shalat, Puasa atau Haji Sekalipun? Buya Yahya: Urusanmu dengan Manusia, Ya Selesaikan!

Senin, 8 Januari 2024 - 16:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ghibah adalah salah satu dosa besar yang terkadang tidak disadari.

Ghibah jelas dilarang dalam Islam. Bahkan dosa ghibah dikatakan tidak dapat dihapus dengan shalat, puasa ataupun haji.

Benarkah hal itu? Berikut penjelasan Buya Yahya yang dirangkum oleh tvOnenews.com pada Senin (8/1/2024) dari YouTube Al-Bahjah TV.

“Dalam pertobatan itu seperti dalam pengobatan,” ujar Buya Yahya.


Benarkah Dosa Ghibah Tidak Bisa Dihapus dengan Shalat, Puasa atau Haji Sekalipun? Buya Yahya: Urusanmu dengan Manusia, Ya Selesaikan! (Sumber: unsplash)

Sehingga kata Buya Yahya, setiap dosa ada obatnya masing-masing.

“Sebab ghibah itu urusannya Anda dengan orang, dosa dengan manusia beresin dong urusanmu dengan manusia,” kata Buya Yahya. 

“Biarpun katanya sujud shalat dan sebagainya, dia masih berjalan karena dia tidak menganggap urusannya dengan manusia ini harus diselesaikan,” sambung Buya Yahya.

Buya Yahya mengingatkan bahwa Allah tidak rela memaafkan kalau seorang manusia punya urusan dengan orang belum selesai dengan manusia.

“Anda beresin urusan dengan manusia. Sehingga bukankah urusan dengan manusia itu syaratnya lebih banyak?” kata Buya Yahya.

Hal ini kata Buya Yahya karena jika dengan Allah cukup dengan memohon ampun.

“Saya menyesal akan kesalahan saya, saya berjanji untuk tidak mengulanginya,” kata Buya Yahya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:11
09:23
01:36
04:20
04:02
05:04
Viral