Antisipasi lahirnya bayi stunting, tunda pernikahan jika lingkar lengan atas calon pengantin perempuan di bawah 23 cm.
Sumber :
  • ANTARA

Tunda Pernikahan Jika Lingkar Lengan Calon Pengantin Perempuan Masih di Bawah 23 Centimeter, Ternyata Ini Bahayanya

Minggu, 4 Februari 2024 - 17:12 WIB

 

Kota Bengkulu, tvOnenews.com-Besarnya lingkar lengan seorang perempuan ternyata bisa untuk menilai tepat tidaknya ia melangsungkan pernikahan. Pasalnya, lingkar lengan di bawah 23 centimeter bisa berdampak pada kelahiran bayi stunting. Mengantisipasi naiknya angka stunting, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau agar menunda pernikahan jika lingkar lengan atas calon pengantin perempuan di bawah 23 cm..
 

"Kami sudah jalin kerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) bahwa calon pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan tidak boleh lingkar lengan atasnya kurang dari 23 cm, semakin besar lengannya semakin bagus. Kalau lengannya kecil, berarti masa tubuhnya itu kurang. Jadi kalau lingkar lengan atasnya belum mencukupi, pernikahannya sebaiknya ditunda dulu sembari program penggemukan dan mencukupi gizi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani saat dikonfirmasi di Bengkulu, Minggu.

 Kemudian, lanjut dia, untuk calon pengantin akan dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menikah, sebab mereka harus dipastikan dalam keadaan sehat sebelum pernikahan.

 Pihaknya juga akan melakukan pemantauan kesehatan minimal enam kali terhadap ibu hamil dengan pemeriksaan dokter menggunakan ultrasonografi medis (USG).

 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral