H Ahmad Bahauddin atau Gus Baha.
Sumber :
  • Istimewa

Selama Bertahun Tahun Tinggalkan Shalat, Bisakah Diganti Saat Baru Hijrah? Gus Baha Ungkap Kabar Gembira Ini

Selasa, 13 Februari 2024 - 05:45 WIB

tvOnenews.com-Shalat adalah kewajiban utama seorang muslim. Sholat disebut sebagai tiang dari agama, yang bisa mencegah perbuatan keji dan munkar. Ia harus dilaksanakan, tanpa alasan apapun. Bahkan ketika tengah sakit, dalam keadaan duduk atau berbaring. Dalam satu ceramahnya  KH Ahmad Bahauddin atau Gus Baha pernah mengatakan bahwa ada satu cara untuk menebus utang shalat yang ditinggalkan selama tahunan.

Namun, dalam kehidupan seringkali karena kurangnya pemahaman agama, kerap ditemukan orang yang belum tersadar untuk melakukan shalat atau bahkan meninggalkan 
shalat. Lantas bagaimana jika ia meninggalkan shalat dalam waktu lama dan baru tersadar akan kebiasaan buruknya? Bagaimana menggantinya? Bisakah shalat yang telah dilalaikan selama bertahun tahun diganti?

Padahal shalat merupakan ibadah wajib yang apabila ditinggalkan pasti wajib diganti ataupun di qadha. Cara ini dapat dilakukan walaupun kita pernah meninggalkan shalat, bahkan setelah bertahun-tahun lamanya.

Menurut Gus Baha tidak hanya banyak membaca istighfar ada satu cara yang bisa dilakukan untuk mengganti shalat yang sudah lama ditinggalkan.
"Cara tersebut adalah dengan melakukan shalat 2 kali tiap waktunya (masuk waktu shalat)," katanya dilansir dari Berkah Nyantri Pekan.

Dalam dua kali shalat tersebut, ujar Gus Baha, salah satunya wajib diniatkan untuk mengganti (qadha) shalat yang sudah ditinggalkan.
"Begini saja pokoknya tiap memasuki waktu shalat, kalian shalat 2 kali serta satu di antara 2 shalat yang kalian jalani tersebut diniatkan buat mengqadha shalat yang dahulu ditinggalkan," tegasnya.

Adapun niat shalat qadha adalah sebagai berikut

1. Niat Mengqadha Shalat Subuh

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral