KH Sholeh Darat menyebutnya Nisfu Sya'ban sebagai hari raya bagi malaikat.
Sumber :
  • Pexels

Kenapa Malam Nisfu Sya'ban Disebut Malam Kehidupan Sekaligus Hari Raya bagi Malaikat? Ini Penjelasan KH Sholeh Darat

Minggu, 18 Februari 2024 - 04:55 WIB

tvOnenews.com-Pada malam Ahad (24/2/2024) nanti kita akan memasuki malam Nisfu Sya’ban 1445 H. Kenapa Nisfu Sya'ban istimewa dan pantas disambut dengan hati bahagia. Ulama legendaris dari Semarang, KH Sholeh Darat menyebutnya Nisfu Sya'ban sebagai hari raya bagi malaikat. 

Pada malam itu disebut juga sebagai Laylah al-Hayat wa ‘iedul malaikat. Atau malam kehidupan dan Hari Raya Malaikat. Jutaan malaikat memenuhi bumi, menjadi saksi seluruh aktivitas manusia.

Dalam kitab berjudul ’Fadhilah al-Muharram wa Rajab wa Sya'ban, KH Sholeh Darat menjelaskan malam Nisfu Sya’ban merupakan hari raya bagi para Malaikat. Ini sebagaimana Lailatul Qadar yang sama-sama sebagai hari raya bagi para Malaikat

“Kenapa hari raya malaikat di malam hari? KH Sholeh Darat menjawab bahwa Malaikat itu tidak tidur maka hari rayanya malam hari, berbeda dengan manusia,” tambahnya. 

Kiai Sholeh yang merupakan guru dari Hadratussyekh KH M Hasyim Asy’ari (pendiri Nahdlatul Ulama) dan KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah) ini mengajak kepada umat Islam agar memperbanyak ibadah di malam tersebut. 

Baca Juga Tiga Amalan Utama pada Malam Nisfu Sya’ban “Ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa kita diminta untuk shalat malam Nisfu Sya’ban dan puasa di pagi harinya. Sebab Allah berjanji akan memberikan pengampunan bagi hambanya yang minta ampun di malam Nisfu Sya’ban,” jelasnya. 

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral