Malam Nisfu Sya’ban juga disebut sebagai lailatul ijabah, malam dikabulkannya doa-doa.
Sumber :
  • ANTARA

Doa Nabi Adam Kerap Dibaca pada Malam Nisfu Sya'ban, Ini Bacaan dan Artinya

Kamis, 22 Februari 2024 - 09:24 WIB

tvOnenews.com-Jelang malam Nisfu Sya'ban umat Islam semakin meningkatkan amalan rutin hariannya. Nisfu Syaban terjadi pada hari ke-15 di bulan Syaban. Pada tahun 2024 ini, Nisfu Syaban akan jatuh pada Minggu (25/2). Malam Nisfu Sya’ban salah satu malam yang diyakini sangat mulia karean Allah akan melimpahkan rahmat dan ampunan-Nya pada malam tersebut. Malam Nisfu Sya’ban juga disebut sebagai lailatul ijabah, malam dikabulkannya doa-doa.  

Di antara doa yang paling utama untuk dibaca pada malam nisfu sya’ban menurut Sayyid Alawi adalah doa taubat Nabi Adam as. Berikut doa Nabi Adam yang dimaksud:     اللّهُمّ إِنّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلَانِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطِنِيْ سُؤَلِيْ وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ وَيَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمُ أَنَّهُ لَا يُصِيْبُنِيْ إِلَّا مَا كَتَبْتَ لِي وَرَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ 

Allahumma innaka ta'lamu sirrii wa 'alaaniyati, faqbal ma'dziratii, wa ta'lamu haajatii, fa-a'thini su-ali, wa ta'lami ma fii nafsii faghfirlii dzunuubii. Allahumma innii as-aluka iimanan yubaasyiru qalbii, wa yaqiinan shaadiqan hattaa a'lamu annahu laa yushiibunii illaa maa katabta lii waraddhinii biqadha-ik.   

 

Artinya, “Ya Allah, sungguh Engkau tahu apa yang tersembunyi dan tampak dariku, maka terimalah penyesalanku. Engkau tahu kebutuhanku, maka kabulkanlah permintaanku. Engkau tahu apa yang ada dalam diriku, maka ampunilah dosaku. Ya Allah sungguh aku memohon kepada-Mu iman yang menyentuh kalbuku dan keyakinan yang benar hingga aku tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali telah Engkau tetapkan atasku. Ya Allah berikanlah rasa rela terhadap ketetapanmu.” (Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, Madza fi Sya’ban, halaman 109). 

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral