Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.
Sumber :
  • ANTARA

Polisi Tangkap Pelaku yang Janjikan Sertifikat Habib Tak Resmi Bertarif Hingga Rp 4 Juta, Ini Kronologinya Kasusnya

Minggu, 3 Maret 2024 - 05:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak menyebut menangkap pria inisial JMW (24) pelaku pembuat situs web palsu Rabithah Alawiyah. JMW memalsukan logo website Rabithah Alawiyah dengan menjanjikan sertifikat habib atau keturunan Nabi Muhammad SAW."Membuat blog palsu, dan menjanjikan pembuatan sertifikat habib melalui jalur belakang (tidak resmi)," kata Ade Safri Simanjuntak dalam keterangannya, Sabtu (2/3/2024).

Ade menyebut munculnya kehendak menipu setelah mengetahui ada laman website blogspot milik organisasi Rabithah Alawiyah yang berisi nasab semua habib yang terdata di ormas tersebut.

"Pada sekira bulan Desember 2023, korban mendapat informasi bahwa ada blogspot yang mengaku sebagai blogspot resmi milik organisasi Rabithah Alawiyah, yang mana di dalam blogspot tersebut berisi tentang nasab semua habib yang sudah terdata di Rabithah Alawiyah," ujarnya.

Setelah memalsukan logo website resmi Rabithah Alawiyah, JMW menawarkan penulisan nama sertifikat di Rabithah Alawiyah dengan tariff Rp 4 juta.

 

"Yang mana pemilik blogspot tersebut menduplikasikan logo milik Rabithah Alawiyah sehingga seolah-olah adalah blogspot resmi dari Rabithah Alawiyah, kemudian seseorang yang menguasai atau memiliki blogspot tersebut menawarkan apabila ada orang yang ingin namanya terdaftar di Rabithah Alawiyah bisa mengurus melalui jalur belakang, jalur tidak resmi di blogspot tersebut dengan biaya sebesar Rp 4.000.000 per satu nama sehingga nama tersebut bisa tercatat di organisasi Rabithah Alawiyah," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
08:31
03:29
04:25
01:50
23:20
Viral