Ilustrasi: Ponpes Al-Fatah Temboro Magetan gelar shalat tarawih terlama.
Sumber :
  • ANTARA

Program Unik Tarawih Satu Juz Jadi Trend Baru Ramadhan, Apa yang Harus Disiapkan untuk Melaksanakannya?

Senin, 4 Maret 2024 - 06:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Semangat keagamaan yang tinggi di bebarapa kota besar di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir marak shalat Tarawih dengan membaca satu juz secara lengkap. Di sejumlah masjid program unik ini dimulai sejak shalat Isya, sebagian memulainya sejak shalat Tarawih.

Pada awalnya, seperti dikutip dari Muhammadiyah.or.id, program tarawih satu juz meniru “Tarawih ala Madinah” karena biasa di Masjidil Haram Mekkah dan Masjid Nabawi Madinah memang biasa dilakukan tarawih satu juz. Ketika dilaksanakan di tanah air, ternyata menjadi tren yang digemari, secara khusus bagi yang masih berusia muda karena kondisi fisik yang cenderung masih kuat dan sehat, dan semangat beribadah yang lebih besar.

Namun, sebagian kalangan menilai program seperti ini kurang tepat, sehingga sebagian jama’ah merasa tidak nyaman, bahkan kemudian tidak ke masjid untuk shalat Tarawih seterusnya. Sebagian mempersoalkan jama’ah yang berusia lanjut dengan kondisi fisik yang sudah melemah. 

Ini yang harus dilakukan jika ingin menggelar Tarawih ala Madinah atau Shalat Tarawih satu juz:

Komunikasi
Menjadi hal terpenting dalam mengadakan program seperti ini adalah dengan adanya komunikasi yang baik dengan jama’ah shalat, yaitu dengan pengumuman atau dengan menyertakan jadwal program Ramadhan secara lengkap yang bisa dipahami oleh semua jama’ah.

Sehingga jika memang harus diadakan, mereka yang merasa kurang mampu bisa shalat Tarawih di masjid lain ketika shalat Tarawih satu juz ini digelar tanpa ada rasa kecewa atau tidak nyaman. Tentu sebelumnya perlu adanya rapat dan koordinasi takmir masjid, jama’ah dan panitia terkait perlu atau tidaknya program ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral