H Ahmad Bahauddin atau Gus Baha.
Sumber :
  • Istimewa

Bingung Kapan Mulai Puasa Karena Perbedaan Penentuan Awal Ramadhan? Ini Pendapat Gus Baha soal Perbedaan Awal Ramadhan

Kamis, 7 Maret 2024 - 06:09 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Pada 2024 ada potensi perbedaan awal Ramadhan 1445 Hijriah karena ada dua metode penentuan awal Ramadhan. Namun, di masyarakat kedua metode itu masih kerap menjadi perdebatan. Ulama kharismatik KH Ahmad Bahauddin atau akrab disapa Gus Baha mengatakan kedua metode itu, baik hisab atau rukyat ada di dalam Alquran.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat Nomor 1/MLM/1.0/E/2024 bahwa 1 Ramadhan 1445 H atau awal puasa, akan jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. Sementara Pemerintah baru akan menentukan awal puasa Ramadhan melalui sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI (Kemenag) pada 10 Maret 2024.  

Gus Baha menyayangkan perbedaan penentuan awal Ramadhan masih diperdebatkan. "Kita terkadang menurut pada hukum, tapi tidak pada ilmu. Juga sebaliknya, mengikuti ilmu tapi tidak patut pada hukum," kata Gus Baha, dikutip dari tayangan di kanal YouTube Gus Baha. 

Menurut Gus Baha dalam kajian ilmu dua pendekatan itu hal yang biasa. 
"Saya tuh menyesal betul kalau perisbatan 1 Ramadan, yang satu percaya rukyat, satu lagi percaya hisab. Nah, sebenarnya enggak begitu. Di Ianatut Tholibin Syarah Fathul Mu'in itu biasa," terang Gus Baha. 

Ia juga mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW biasanya menggunakan rukyat hilal saat menentukan 1 Ramadan. Akan tetapi bagi yang menggunakan metode hisab juga tidak dipermasalahkan. 

Sekali lagi Gus Baha menegaskan, keduanya dijelaskan dalam Alquran. "Ketika Kemenag memutuskan 1 Ramadan jatuh pada hari tertentu, maka itu keputusan negara, bahwa 1 Ramadan pada hari tersebut," jelas Gus Baha.

Seperti yang terjadi di Indonesia, kata Gus Baha ketika bulan sudah melewati ufuk baru satu derajat lalu ada ulama mengatakan ini sudah ganti tanggal sebab sudah melewati baris ufuk.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral