Klotekan sambil Nyalakan Api Obor, Tradisi Unik Bangunkan Sahur Warga di Gresik.
Sumber :
  • m habib

Klotekan Sambil Nyalakan Api Obor, Tradisi Unik Bangunkan Warga untuk Sahur di Gresik

Kamis, 14 Maret 2024 - 11:52 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Di wilayah utara Gresik, ada sebuah tradisi unik yang hanya bisa dijumpai saat malam bulan Ramadhan, namanya tradisi klotekan. Para warga akan berkumpul dengan membunyikan alat 'Klotekan' sembari menyalakan api obor untuk membangunkan orang-orang agar tidak ketinggalan santap sahur, Kamis(14/3).

Adapun dalam bahasa Indonesia, istilah klotekan diambil dari bunyi klotak-klotek yang dihasilkan dari beberapa alat musik atau benda yang dipukul bersamaan secara beramai-ramai.

Nah orang-orang ini akan membangunkan warga untuk sahur dengan alat musik tradisional dan barang-barang seadanya di rumah untuk membuat atau menciptakan suara ramai.

Mereka memanfaatkan tong besar, panci, hingga berbagai alat yang bisa digunakan dan dibawa dengan gerobak dorong.

Tradisi klotekan ini sendiri dilakukan oleh warga dengan cara berkeliling ke wilayah permukiman warga dengan membunyikan alat musik yang dibawa, sambil meneriakkan ucapan sahur secara lantang.

Nah salah satu tempat yang masih melestarikan tradisi ini berada di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Klotekan sudah jadi kegiatan rutin pemuda desa saat bulan puasa tiba.

Salah satu pemuda Leran, Syibli mengatakan, jika tradisi klotekan selain kegiatan rutin juga sudah dilakukan turun temurun.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral