Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani.
Sumber :
  • Kemenag

Rangkul Disabilitas, Kemenag Luncurkan Al Quran dengan Huruf Braille 

Selasa, 2 April 2024 - 14:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Lajnah Pentasihan Mushaf Al Quran (LPMQ) meluncurkan Al Quran braille yang diberi nama Iqro'na.

Al Quran dengan huruf braille dengan nama Iqro'na ini merupakan singkatan dari Iqro' bil Kitabah al Arabiyah an Nafirah. 

Rilis Al Quran berhuruf braille dari Kemenag ini dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani saat Ramadhan Show, di Kantor Pusat Kemenag, Jakarta.

Ia mengatakan, Iqro'na ini sebagai solusi inklusif untuk sahabat-sahabat penyandang disabilitas. Diharapkan keberadaan Al Quran dengan huruf braille ini akan membantu mereka.

"Sebagai sebuah model pembelajaran bagi pembelajar Al Quran braille, karya inovatif dari Kementerian Agama ini, untuk menyapa seluruh bagian dari bangsa, terutama disabilitas,” ujar pria yang akrab disapa Kang Dhani ini, di Jakarta, dikutip dari lama resmi Kemenag Selasa (2/4/2024).

Kepala Balitbang Diklat Kementerian Agama, Suyitno mengatakan, pihaknya berkomitmen terus memberikan layanan tanpa diskriminasi, termasuk menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan bagi seluruh umat muslim Indonesia.

Ramadan Show digelar dengan mengusung tema Al Quran for All. Menurut Suyitno, even ini merupakan bagian dari upaya Kemenag memperluas akses publik terhadap Al Quran, termasuk sahabat disabilitas yang membutuhkan perhatian khusus.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral