Baju Baru saat Lebaran? Buya Yahya: Anjuran di Hari Raya Kenakan Pakaian Bagus, Bukan Baru!.
Sumber :
  • pexels

Baju Baru saat Lebaran? Buya Yahya: Anjuran di Hari Raya Kenakan Pakaian Bagus, Bukan Baru!

Minggu, 7 April 2024 - 05:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, pusat-pusat perbelanjaan tampak dipadati dengan pengunjung yang ingin membeli pakaian untuk Lebaran.

Tradisi beli baju lebaran memang cukup melekat di masyarakat. 

Oleh karenanya, banyak yang memang sengaja membeli pakaian baru untuk mereka gunakan mulai sejak shalat Idul Fitri hingga bersilaturahmi kepada sanak saudara.

Lantas bagaimanakah hukumnya membeli baju Lebaran dalam Islam?

Buya Yahya mengatakan memang mengenakan pakaian bagus saat Lebaran itu adalah sunnah yang artinya dilakukan oleh Rasulullah SAW. 

Namun itu sifatnya anjuran.

“Anjuran menggunakan gunakan baju baru baju bagus memang ada, itu bukan anjuran tapi kebiasaan saat berhari raya, bagus bukan baru,” kata Buya Yahya sebagaimana dikutip oleh tvOnenews melalui Kanal YouTube Al-Bahjah TV.

Kemudian Buya menjelaskan bahwa dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW tak pernah melarang umatnya menggunakan baju bagus namun yang dilarang jika memakai bahan dari sutra.

“Ada hadits yang menceritakan Sayyidina umar, ia beli jubah dari sutra, lalu berkata kepada Nabi, beli ini dan pakailah untuk hari raya dan menyambut tamu,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral