Ustaz Khalid Basalamah.
Sumber :
  • YouTube

Tradisi Ziarah Kubur Habis Salat Idul Fitri Memangnya Boleh? Ini yang Diucapkan Sahabat Nabi SAW Saat Lebaran Idul Fitri Kata Ustaz Khalid Basalamah

Kamis, 11 April 2024 - 10:25 WIB

tvOnenews.com - Tradisi ziarah kubur atau nyekar habis salat Idul Fitri memangnya boleh? Ternyata ini yang diucapkan para sahabat nabi SAW saat lebaran Idul Fitri menurut Ustaz Khalid Basalamah merupakan dua berita religi populer di tvOnenews.com, pada Rabu (10/4/2024).

Simak informasi lengkapnya.

Sudah menjadi tradisi sehabis salat Idul Fitri langsung menuju pemakaman untuk melakukan ziarah atau nyekar. Lantas sebenarnya boleh atau tidak melakukan ziarah kubur di hari raya Idul Fitri?

Dalam ceramahnya, Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan perihal hukum ziarah kubur saat Idul Fitri. Sebelum berbicara soal hukum ziarah kubur ketika Idul Fitri, Ustaz Khalid menjelaskan terlebih dahulu tentang hukum ziarah kubur.

Menurut Ustaz Khalid, ziarah kubur pada dasarnya termasuk sunnah Nabi sehingga bila dikerjakan akan mendapat pahala. "Ziarah kubur adalah sunnah Nabi, itu dulu harus kita pahami," kata Ustaz Khalid Basalamah.

Lebih lanjut, Ustaz Khalid Basalamah mengingatkan agar jangan sampai melakukan zikir dan doa yang tidak sesuai sunnah saat ziarah kubur. Terlebih malah meminta doa kepada orang yang berada di dalam kubur, hal ini jelas dilarang dalam Islam.

"Nabi sering kali dalam sepekan, dua kali menziarahi kuburan para sahabat, dan Nabi kadang-kadang beberapa pekan dalam sebulan menziarahi syuhada Uhud, dan beliau mengucapkan salam," ungkap Ustaz Khalid Basalamah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral