Festival Balon Udara di Wonosobo, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Paguyuban Balon Udara Wonosobo

Mimpi Melihat Langit Semarak dengan Balon Udara Bisa Diwujudkan di Wonosobo Usai Lebaran, Ini Jadwal Lengkapnya

Jumat, 12 April 2024 - 05:45 WIB

Wonosobo, tvOnenews.com -Agenda tahunan Festival Balon Udara di Kabupaten Wonosobo untuk memeriahkan lebaran, Hari Raya Idulfitri 2024 mulai berlangsung sejak kemarin, Kamis (11/4/2024).

Festival ikonik dikemas dalam tajuk Festival Mudik ini akan berlangsung 10 hari di 14 lokasi. Penerbangan balon udara perdana dilakukan di Kembaran dan puncak acara bakal digelar di Alun-alun Wonosobo pada 21 April mendatang.

Berikut jadwal lengkap festival balon dalam Festival Mudik 2024 yang telah dikeluarkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo:

Festival Balon Kembaran: 11-14 April
Festival Balon Semayu: 12 April
Festival Balon Karangluhur: 13-14 April
Festival Balon Lamu: 13-14 April
Festival Balon Kaliasem: 14-15 April
Festival Balon Jaraksari: 16 April
Festival Balon Simbang: 12-16 April
Festival Balon Mudal: 17 April
Festival Balon Reco: 16-17 April
Festival Balon Sambek: 18-19 April
Festival Balon Anshor Bojasari Siyono: 14-15 April
Festival Balon Anshor Candiyasan: 18-19 April
Festival Balon Wringinanom: 20 April
Puncak Festival Balon Alun-alun Wonosobo: 21 April

Kepolisian Resor (Polres) Wonosobo, Jawa Tengah, menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan memelihara tradisi lokal dengan melaksanakan pengamanan secara ketat di Balloon Culture Festival yang diadakan di Lapangan Kembaran, Kalikajar, Kabupaten Wonosobo.

Kapolres Wonosobo AKBP Donny Lumbantoruan di Wonosobo, Kamis, menyampaikan dalam upaya menjaga keamanan, Polres Wonosobo menyiagakan puluhan personel untuk mengawasi area festival dan melakukan pengaturan arus lalu lintas.

Antusias masyarakat yang begitu tinggi pada tradisi balon udara tersebut menyebabkan banyaknya pengunjung dari wilayah Wonosobo maupun dari luar daerah Wonosobo.

Balloon Culture Festival berlangsung pada tanggal 11-14 April 2024.

Festival yang merupakan perayaan seni balon udara ini menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya, dan Polres Wonosobo memastikan bahwa acara tersebut berjalan lancar dan aman bagi semua peserta dan pengunjung.



Donny menegaskan pentingnya menjaga tradisi lokal seperti Balloon Culture Festival sambil tetap memastikan keamanan terutama balon harus wajib ditambatkan agar tidak terbang bebas yang dapat mengganggu penerbangan.

Ia menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah turut serta dalam mematuhi aturan dan menjaga ketertiban selama acara berlangsung.

Dengan upaya pengamanan yang maksimal dari Polres Wonosobo, Balloon Culture Festival di Lapangan Kembaran tidak hanya menjadi ajang hiburan yang meriah, tetapi juga menjadi wujud dari kebersamaan dalam melestarikan warisan budaya yang berharga bagi masyarakat Wonosobo.(ant/bwo)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral