Hilman Latief, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag,.
Sumber :
  • tvOnenews.com

Hadir dalam Forum Umrah dan Ziyarah di Madinah, Kemenag Antisipasi Perubahan Kebijakan oleh Pemerintah Saudi: Kami Harus Segaris!

Selasa, 23 April 2024 - 20:05 WIB

Madinah, tvOnenews.com-Kementerian Agama terus mengawal aturan baru terkait perjalanan umrah, haji dan ziarah yang tengah digodok oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Aturan baru ini  jadi salah satu pembahasan paling menarik dalam Forum Umrah dan Ziyarah yang digelar di King Salman International Convention Center, di Madinah, Senin (22/4/2024). "Kita sedang cari clue dari forum ini," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief

Pasalnya, ujar Hilman, perjalanan haji dan umrah di Indonesia suatu hal yang diatur oleh regulasi yang melibatkan banyak pihak termasuk anggota DPR. Apalagi kedua ibadah tersebut melibatkan ratusan ribu jamaah Indonesia setiap tahun sehingga riskan jika perubahan aturan dari Kerajaan Arab Saudi tak diantisipasi oleh pemerintah Indonesia. 

"Perubahan ini cepat sekali, Indonesia harus segaris. Jadi kita ingin aturan pemerintah tertata khususnya untuk merespon perubahan," ujar Hilman. 

Indonesia juga harus menyiapkan berbagai aturan yang ada guna memperbaiki pelayanan ibadah haji dan umrah sejalan dengan transformasi dan peningkatan pelayanan yang sedang digencarkan Kerajaan Arab Saudi. Salah satu yang dibahas adalah rencana revisi Undang-undang Nomor 8 tahun 2019 yang mengatur pelaksanaan Haji dan Umrah.

"Jadi proses terus berlangsung dan kita ingin melihat perkembangan-perkembangan yang ada," ujar Hilman.

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral