Ustaz Adi Hidayat.
Sumber :
  • YouTube

Bisa jadi Selama ini Keliru, Ustaz Adi Hidayat Ungkap Bacaan Doa Iftitah yang Sesuai Ajaran Rasulullah SAW, Bukan Inni Wajjahtu!

Jumat, 26 April 2024 - 14:25 WIB

tvOnenews.com - Doa iftitah adalah doa yang dibacakan ketika salat setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca Surat Al Fatihah. Diketahui, hukum membaca doa iftitah adalah sunnah bagi mereka yang menunaikan salat sendiri maupun berjamaah.

Doa iftitah merupakan ketetapan dan ajaran dari Rasulullah SAW saat beliau melaksanakan salat. Bacaan doa iftitah berisi pujian atas kebesaran Allah SWT, pengakuan kelemahan, dan kesalahan umat manusia yang membutuhkan perlindungan dan pengampunan.

Ustaz Adi Hidayat bahkan menyebut doa iftitah memiliki nilai yang tinggi. Menurutnya, membaca doa iftitah saja dapat memberikan dampak yang luar biasa jika dipahami dengan benar.

“Kita baca tanpa paham dapat pahala dan gugur kewajiban, tapi kalau kita baca dan paham artinya maka pemahaman itu memberikan dampak pada jiwa kita. Sehingga menggugurkan dosa-dosa yang pernah kita lakukan dan merubah kita menjadi lebih baik,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Kemudian, UAH menjelaskan bacaan-bacaan doa iftitah menurut Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, ada banyak doa iftitah yang diajarkan, tetapi semuanya memiliki makna dan tujuan yang berbeda.

Lantas seperti apa bacaan doa iftitah yang sesuai ajaran Rasulullah SAW?

Ustaz Adi menyampaikan bacaan doa iftitah tercantum dalam hadis Abu Hurairah dalam riwayat HR Bukhari no. 711.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral