Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah saat Konferensi Pers dengan Menag Yaqut Cholil Qoumas di Four Season Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).
Sumber :
  • tim tvOnenews/Julio Trisaputra

Majelis Ulama Senior Arab Saudi Keluarkan Fatwa Soal Syariat Pelaksanaan Haji Secara Prosedural

Selasa, 30 April 2024 - 13:59 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah mengatakan, sudah ada fatwa dari majelis ulama senior terkait haji tanpa prosedural.

“Telah dikeluarkan dan diterbitkan fatwa dari majelis ulama senior arab saudi yang menyatakan bahwa aturan secara syariat tidak dibolehkan seorang melaksanakan ibadah haji kecuali yang menjalankannya secara prosedural,” ujar Menhaj Tawfiq dalam konferensi pers bersama Menag Yaqut di Four Season Hotel, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Menhaj Tawfiq menyampaikan kepada semua bahwa tidak akan ada yang dibolehkan melaksanakan ibadah haji tanpa menggunakan visa sebagaimana yang diatur.

“Visa sebagaimana yang diatur dan visa yang dikeluarkan oleh kementerian haji dan kerajaan arab saudi,” tandas Menhaj Tawfiq.

“Sehingga tidak dibolehkan melaksanakan ibadah haji kecuali menggunakan visa yang prosedural,” sambungnya.

Maka demi keselamatan, Menhaj Taqwfiq mengingatkan tidak dibolehkan jamaah atau seseorang yang berangkat haji kecuali menggunakan visa yang prosedural.

“Kami melaksanakan koordinasi dengan Kementerian Agama untuk memastikan bahwa yang mempromosikan pelaksanaan haji dengan visa tidak prosedural adalah tidak benar,” jelasnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:01
01:23
02:09
01:25
01:48
01:52
Viral