Ilustrasi tempat pemakaman.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Alam Barzah, Pemisah Antara Alam Dunia dan Akhirat

Rabu, 19 Januari 2022 - 09:52 WIB

Jakarta – Alam Barzah atau biasa dikenal dengan alam kubur, adalah fase kihidupan manusia setelah alam dunia. Kematian menjadi jalan menuju alam kubur, sebelum nantinya kea lam akhirat.

Barzah artinya pemisah antara alam dunia dan alam akhirat. Meski alam barzah hanya menjadi pemisah dari alam dunia menuju alam akhirat.

Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, KH Nurul Irfan, seperti yang dikutip dalam laman MUI, menjelaskan jika alam Barzah. sebagai sekat antara dunia dan akhirat, manusia yang sudah berada di alam Barzah, mereka dapat melihat alam dunia dan akhirat.

’Dia (alam barzah) sebagai sekat, mereka ahli kubur atau ahli barzah bisa melihat dunia dan bisa melihat akhirat. Mereka berada di satu tempat yang namanya Barzah bisa melihat dunia dan akhirat,’’ujarnya kepada MUI.OR.ID

Selama di dunia, kata dia, manusia yang telah meninggal tidak dapat membawa gelar, jabatan, bahkan harta yang selama hidupnya dikejar. Tetapi yang dapat dibawa sebagai bekal yang dapat menyelamatkan kita hanyalah amalan ibadah dan perbuatan baik selama hidup di dunia.

Dia mengatakan, terkait perhitungan amal baik dan buruk, Allah SWT telah menjelasknya dalam ayat berikut ini yaitu

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral