Ilustrasi Al-quran.
Sumber :
  • tim tvOne

Jangan Sekedar Menerjemahkan, Pelajari Tafsir Al-Qur’an Ini Agar Lebih Paham

Jumat, 4 Maret 2022 - 14:23 WIB

Al-Qur’an adalah kalam Allah swt yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw melalui perantara malaikat Jibril. Pertama kali diturunkan ke bumi pada tanggal 17 Ramadhan, Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang merupakan pedoman hidup umat muslim.

Al-Qur’an berisikan banyak ajaran Allah swt serta hukum-hukum Islam yang dijadikan sebagai petunjuk umat muslim dalam kehidupannya. Tata cara hidup di setiap aspek kehidupan manusia telah disebutkan dalam Al-Qur’an.

Karena itulah Al-Qur’an disebut sebagai petunjuk dan pedoman dalam melaksanakan syariat Allah swt. Segala hal telah diatur dalam Al-Qur’an, oleh karena itu manusia tidak boleh melanggarnya.

Membaca Al-Qur’an bukanlah sesuatu yang sulit. Banyak umat muslim yang pintar membaca Al-Qur’an bahkan menghafal surat-suratnya. Namun demikian, tidak banyak yang benar-benar memahami makna dibalik setiap ayat dalam surat yang ada dalam Al-Qur’an.

Untuk memahami makna dari setiap ayat Al-Qur’an, perlu ada penafsiran dari para ulama yang memiliki ilmu tafsir Al-Qur’an. Karena sejatinya sekedar membaca dengan memahami penafsiran Al-Qur’an adalah dua hal yang sangat berbeda.

Mempelajari tafsir Al-Qur’an memang tidak mudah. Butuh tekad, keseriusan, dan konsistensi untuk hal itu. Di zaman modern seperti sekarang ini ada banyak media yang memfasilitasi bagi yang ingin mempelajari tafsir Al-Qur’an selain dari pengajian seperti melalui situs maupun aplikasi yang membahas tentang tafsir Al-Qur’an seperti di TafsirWeb.com.

Beberapa tafsir yang tersedia di situs tersebut antara lain dari Kementerian Agama RI, Kementerian Agama Saudi Arabia, tafsir al-Mukhtashar, yang disupervisi Imam Masjidil Haram Dr. Shalih Humaid, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah, dan lain sebagainya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral