Ilustrasi Anak Saleh yang Sedang Mendoakan Orang Tuanya.
Sumber :
  • tim tvOne

Tiga Investasi Akhirat yang Sebaiknya Disiapkan oleh Setiap Muslim

Jumat, 1 April 2022 - 06:51 WIB

tvOnenews.com - Dalam kalangan umat Islam, ada sebuah hadits yang sangat populer. Hadits tersebut mengajarkan kita bahwa ada investasi akhirat yang dapat memberikan kita pahala meskipun kita telah meninggal dunia.

Hadits itu diriwayatkan oleh Sahabat Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu. Adapun bunyi dari hadits tersebut yang telah dikutip dari penjelasan Imam Durori dalam Buku Pendidikan bagi Masyarakat Awam adalah:

Rasulullah Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

« إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث صدقة جارية ، أو علم يسمع به ، أو ولد صالح يدعو له» [رواه مسلم]

Baca: Idzaa maatabnu aadama ingqoto'a 'anhu 'amaluhu illaa minn tsalaatsin shodaqotin jaariyatin, ao 'ilmin yuntafa'u biht, ao waladin shoolikhin yad uulah, (Rowaahu Muslim).

Artinya: "Ketika keturunan Nabi Adam 'alaihis salam meninggal dunia maka tidak lagi beramal ibadah, kecuali semasa hidupnya memiliki tinggalan shodaqoh jariyah, atau pernah membagikan ilmu yang bermanfa'at, atau memiliki putra putri yang sholih/sholihakh yang mampu dan mau mendo'akannya," (HR. Muslim).

Imam Durori mengatakan bahwa maksud dari hadits tersebut adalah semua investasi yang bersifat keduniawian, apapun bentuk dan wujudnya, berapapun jumlahnya, hanya dapat dinikmati hingga usia tua. Semua investasi keduniawian tersebut akan sirna dan tak dapat dibawa ke akhirat.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral