Ilustrasi menu makanan sehat.
Sumber :
  • Freepik.com

Cara Tepat Memilih Menu Buka Puasa

Rabu, 6 April 2022 - 15:30 WIB

Bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim dari berbagai kalangan, mulai dari yang muda hingga tua tidak sabar menanti datangnya bulan suci Ramadhan. Kumandang adzan magrib jadi tujuan utama yang diraih pada penghujung hari. 

Euforia masyarakat sangat bisa dirasakan, lewat semangat mereka memilih menu berbuka puasa apa yang akan dinikmati pada saat nanti adzan magrib tiba. Berbagai jajanan pasar dan minuman segar sudah menjadi target utama untuk disantap.

Saat waktu buka puasa tiba tak sedikit orang yang langsung dengan lahap menyantap berbagai makanan. Padahal kebiasaan satu ini tidak baik dilakukan jika dalam keadaan perut yang kosong dalam waktu yang lama. Nantinya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Maka dari itu ada beberapa cara untuk menikmati hidangan buka puasa dengan baik dan benar agar tetap membantu menjaga kesehatan kita selama berpuasa. 

1. Memilih Jenis Menu Berbuka
Memilih jenis makanan buka puasa yang sehat perlu diperhatikan karena cara berbuka puasa yang benar juga berkaitan dengan jenis makanan yang dipilih.

Saat berbuka, utamakan makanan yang mengandung banyak air, rendah lemak, dan mengandung gula alami. Beberapa jenis makanan buka puasa yang sehat antara lain seperti, air putih, susu, jus buah, atau smoothies tanpa gula tambahan.

Kurma, buah kering dengan kandungan gula alami sekaligus kaya serat dan mineral, seperti kalium, tembaga, dan mangan juga dapat menjadi alternatif. Selain itu juga menyantap buah kurma di saat berbuka termasuk dalam sunnah Rasulullah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:18
03:32
03:17
02:29
01:25
02:52
Viral