Qodho Puasa Ramadhan dan Tata Caranya.
Sumber :
  • envatoelements/AtlasComposer

Qodho Puasa Ramadhan dan Tata Caranya

Kamis, 7 April 2022 - 18:26 WIB

Qodho artinya adalah memenuhi atau melaksanakan. Sedangkan menurut istilah dalam ilmu Fiqh, qadha dimaksudkan sebagai pelaksanaan suatu ibadah di luar waktu yang telah ditentukan oleh syariat Islam, misalnya qadha puasa Ramadhan.

Qodho puasa Ramadhan diberikan kepada orang-orang yang tidak dapat melaksanakan puasanya di bulan Ramadhan, diantaranya adalah orang sakit di bulan Ramadhan, orang yang sedang dalam perjalanan atau seorang musafir, dan wanita yang sedang haid atau nifas.

Dalil golongan pertama dan kedua adalah firman Allah Ta’ala,

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185)

Dalil wanita haid dan nifas adalah hadits dari ‘Aisyah, beliau mengatakan,

كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ.

“Kami dulu mengalami haid. Kami diperintarkan untuk mengqodho puasa dan kami tidak diperintahkan untuk mengqodho’ shalat.”

Qodho bagi yang sengaja meninggalkan puasa
Selain orang-orang yang meninggalkan puasa karena alasan tertentu, ada pula orang-orang yang meninggalkan puasa tanpa alasan yang jelas atau dengan sengaja meninggalkannya. 

Untuk orang-orang yang meninggalkan puasa tanpa alasan mayoritas ulama berpendapat bahwa siapa saja yang sengaja membatalkan puasa atau tidak berpuasa baik karena ada udzur atau pun tidak, maka wajib baginya untuk mengqodho puasa.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
Viral