Ilustrasi tangan dan kuku manusia.
Sumber :
  • Freepik.com

Mitos atau Fakta? Tidak Boleh Menggunting Kuku disaat Haid

Rabu, 13 April 2022 - 13:05 WIB

Menjaga kebersihan memang sangat penting, terlebih menurut anjuran agama Islam juga mengajarkan bahwa kebersihan sebagian dari iman. Menjaga kebersihan tidak hanya memperindah penampilan tapi juga mensucikan diri dari segala kotaran yang menghalangi untuk kita beribadah kepada Allah SWT. 

Salah satu contohnya adalah menjaga kebersihan kuku dan rambut. Kuku tangan tumbuh sekitar 0,1 milimeter per hari atau 3 milimeter per bulan. Sedangkan rata-rata pertumbuhan kuku kaki adalah 1,62 milimeter per bulan. Kuku menjadi tempat salah satu daerah tubuh yang mudah disarangi kuman. 

Kuku adalah salah satu organ tubuh yang melindungi ujung jari tangan dan kaki. Fungsi kuku jari yaitu membantu anda mengambil benda atau menggaruk kulit yang gatal, masih banyak lagi kegiatan kita sehari-hari yang dilakukan dengan bantuan tangan dan kuku. 

Sebab itu, kamu harus memperhatikan kebersihan kuku. Jika kuku jari tangan dan kaki kamu kotor, disaat kamu ingin melakukan makan dan minum, pasti kamu menggunakan tangan yang kotorannya bisa beresiko masuk kedalam tubuh kamu. 

Membersihkan kuku atau mengguntingnya minimal dilakukan dalam jangka waktu 2 minggu satu kali. Untuk tetap menjaga kebersihan kitab Ihya' Ulumiddin karya Imam Al Ghazali pun sudah mengingatkan mengenai ini. 

الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ

Artinya: "Kesucian itu adalah setengah dari iman." (HR Muslim).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral