Foto tampak Mesjid Tua Patimburak.
Sumber :
  • facebook.com

Masjid Tua Patimburak, Masjid Pertama di Papua Barat

Kamis, 14 April 2022 - 09:58 WIB

Agama Islam telah menyebar luas di Indonesia, dari ujung arah Barat yaitu Sabang hingga ujung arah Timur yaitu Merauke. Agama Islam ini telah banyak dianuti oleh penduduk negara Indonesia, namun penyebarannya belum merata di daerah-daerah tertentu.

Sebagai contoh yaitu daerah Papua yang penduduknya mayoritas memeluk agama Kristen. Ternyata di daerah Distrik atau setingkat dengan Kecamatan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Di daerah Kokas, Fakfak, Papua Barat. Terdapat masjid yang bernama Masjid Tua Patimburak

Masjid ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Islam di Papua dan menjadi salah satu pusat agama Islam di Kabupaten Fakfak. Agama Islam masuk di Fakfak pada tahun 1870 melalui proses kekuasaan Sultan Bacan dari Tidore. 

Bacan merupakan keturunan kerajaan tertua dari Moloku Kie Raha (Persatuan Empat Kerajaan), yaitu Makian, Jailolo, Ternate, dan Tidore. Hingga para tokoh-tokoh masyarakat di Fakfak langsung tertarik untuk memeluk agama Islam.  

Lokasi masjid ini tidak jauh dari kawasan wisata Raja Ampat. Jika kamu sedang berkunjung ke Raja Ampat, kamu bisa mampir ke Masjid Tua Patimburak yang dimana selama perjalan pemandangannya sama indah dengan kawasan wisata Raja Ampat.

Untuk mengunjungi kawasan ini cukup mudah dijangkau. Begini rute yang harus kamu lewati, dari Fakfak lakukan perjalanan melalui kendaraan darat menuju daerah Kokas dengan kurun waktu kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan, anda akan melewati jalanan berkelok dan segarnya udara pegunungan. 

Selanjutnya perjalan kamu dilanjut dengan menggunakan sewaan longboat atau semacam perahu panjang yang muatannya hanya dapat menampung sedikit penumpang saja. Untuk menuju Kampung Patimburak, perjalanan di tempuh sekitar 1 jam lamanya. Selama perjalanan kamu bisa menikmati indahnya pulau-pulau karang yang memanjakan mata.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral