Ilustrasi makan bersama-sama.
Sumber :
  • Freepik.com

Tradisi-Tradisi Unik Masyarakat Indonesia dalam Menyambut Ramadhan

Rabu, 20 April 2022 - 15:09 WIB

Sebagai negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Indonesia mejadi salah satu negara yang sangat antusias untuk menyambut bulan suci Ramadhan disetiap tahunnya. Namun masing-masing setiap daerah di Indonesia ternyata memiliki budaya atau kebiasaan yang unik untuk meramaikan momen bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah. 

Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa. Lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa. Akan tetapi Perbedaan suku dan budaya tidak menjadi penghalang bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan datangnya bulan suci dengan keunikannya. Seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang memiliki arti walaupun berbeda-beda, tapi tetap satu. 

Apa saja ya tradisi-tradisi unik yang terdapat di negara Indonesia tercinta ini? berikut, beberapa tradisi unik yang menyita perhatian untuk mengetahuinya lebih jauh lagi. 

1.Nyorog, Betawi 

Kegiatan Nyorog di masyarakat Betawi telah ada sekitar ribuan tahun lalu. Nyorog merupakan, kegiatan berbagi bingkisan dengan saudara maupun tetangga. Kegiatan ini dilakukan sebagai tanda penghormatan.

Karena itu biasanya yang melakukan pembagiannya adalah anak muda atau pasangan muda. Bingkisan ini biasanya diantarkan kepada anggota keluarga yang lebih tua, tokoh daerah setempat dan orang tua atau mertua yang sudah tinggal berbeda rumah.

Bingkisan yang diberikan sangat beragam. Di dalam bingkisan biasanya, terdapat sembako berupa beras, telur, gula, garam. Namun ada juga yang memberi aneka masakan khas Betawi, semacam gabus pucung, sayur babanci, soto tangkar, soto Betawi dan masih banyak lagi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral