4 aspek universal pokok dalam ajaran dan dakwah Islam antara lain adalah akidah, ibadah, akhlak, dan muamalah..
Sumber :
  • unsplash.com

Umat Muslim Wajib Paham, Ini 4 Aspek Pokok Ajaran Islam

Kamis, 21 April 2022 - 13:49 WIB

Nabi Muhammad SAW dilahirkan pasca terjadinya penyerangan Ka’bah oleh tentara yang menunggangi gajah yang dipimpin oleh Abrahah. Peristiwa bersejarah ini diabadikan Allah SWT dalam Al - Quran surah Al - Fiil. Setelah terjadi penyerangan tersebut, Nabi SAW lahir dalam keadaan yatim.

Rasulullah Saw menjalani kehidupan selain sebagai anak yatim piatu, juga sebagai pribadi yang buta huruf. Ahli tafsir mengatakan bahwa pada zaman tersebut buta huruf menandakan orang itu kuat secara ingatan.
Pasalnya Baginda Rasulullah SAW langsung mampu mengingat wahyu pertama yang turun di Gua Hira. Ayat Al - Quran yang pertama diterima adalah QS. Al - Alaq ayat 1-5.

Allah SWT mewafatkan ayahandanya sebelum beliau lahir. Sang ibunda pun diwafatkan saat Rasulullah masih berusia belia yakni pada umur sepuluh tahun. Sebagian orang memaknai peristiwa ini sebagai cara Allah membentuk Nabi Muhammad sebagai pribadi yang otentik dan mandiri, tidak terbentuk oleh didikan orang tuanya.

Setelah mendapatkan wahyu, Nabi Muhammad SAW digugah untuk berdakwah. Cara Rasulullah SAW bedakwah pertama-tama dilakukan sembunyi-sembunyi kemudian puncaknya dakwah secara terang-terangan selama di Yatsrib atau Madinah. Pasalnya ketika hijrah ke Madinah, Rasulullah menemukan lahan dakwah baru yang menjanjikan.

Inti dari dakwah Nabi Muhammad SAW ialah mengajarkan Al - Qur’an dan hikmah demi mewujudkan rahmat bagi semesta alam. Hal ini terbukti saat setelah menetap di Madinah, Rasulullah SAW lantas berusaha mendamaikan suku Aus dan Khazraj yang di antara keduanya telah terjadi konflik selama puluhan tahun serta mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshar.

Secara umum, seperti dilansir dari situs muhammadiyah.or.id, aspek-aspek pokok ajaran dan dakwah Islam terdiri atas empat hal, yaitu: akidah, ibadah, akhlak, dan muamalah.

Akidah ialah aspek keyakinan tentang Allah, para Malaikat, Kitab-kitab Suci, para Rasul, Hari Akhir, dan Takdir. Semuanya merupakan sistem keimanan yang utama dalam Islam. Sementara ibadah ialah taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah, dengan menaati segala perintah-perintah-Nya, menjauhi larangan-larangan-Nya, dan mengamalkan segala yang diizinkan Allah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral