Ilustrasi umat Islam menjalankan sholat.
Sumber :
  • Freepik.com

4 Keutamaan Sholat Fajar Beserta Tata Caranya

Selasa, 26 April 2022 - 16:03 WIB

Sholat fajar adalah sholat yang dilakukan sebelum menunaikan ibadah sholat subuh, disebut dengan sholat fajar karena waktu sholat yang bertepatan saat pergeseran antara waktu malam dan pagi. Waktu fajar juga merupakan pertanda akan segera dimulainya sholat fardhu subuh.

Apakah sholat fajar sama artinya dengan shalat qabliyah subuh? Ya, sholat fajar sering juga diistilahkan dengan sholat sunnah qabliyah subuh.

Sholat qabliyah adalah sholat sunnah yang dilakukan pada saat sebelum menjalankannya sholat fardhu. Sholat fajar berjumlah 2 rakaat, sama seperti sholat-sholat sunnah pada umumnya. 

Menjalankan kegiatan yang disunnahkan oleh agama adalah bentuk usaha mengikuti teladan dari Rasulullah SAW dalam menaati agama Islam. Salah satunya, agar umatnya senantiasa menjaga rutinitas dalam melaksanakan sholat qabliyah subuh. Bahkan sholat sunnah fajar merupakan amalan yang ditekankan oleh Rasulullah SAW untuk selalu dilaksanakan. 

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari ‘Aisyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda. 

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya:

“Dua rakaat fajar (sholat sunnah qabliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

Hadis diatas tentunya memiliki makna yang bisa diartikan oleh umat Islam. Bahwa sholat fajar mempunyai keutamaan yang luar biasa untuk menyempurnakan sholat subuhnya. Berikut 4 keutamaan dari sholat fajar. 

1. Menutupi Kekurangan Sholat Wajib

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
05:44
04:18
Viral