Foto tradisi Meriam Karbit.
Sumber :
  • viva.co.id

Tradisi Unik Malam Takbiran di Berbagai Daerah Indonesia

Jumat, 29 April 2022 - 16:34 WIB

Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari, kemenangan akan segera diraih. Euforia masyarakat Indonesia sudah hangat terasa bahkan beberapa hari sebelum harinya tiba.

Salah satu bentuk antusiasme warga Indonesia dalam menyambut Idul Fitri biasanya, dilakukan pada malam hari setelah adzan isya berkumandang hingga pada saat waktu sholat Ied tiba di pagi hari. 

Kegiatan ini dikenal oleh warga Indonesia yang beragama Islam dengan sebutan malam takbiran. Malam takbiran dilakukan semalam suntuk di masjid-masjid sekitar wilayah tempat tinggal masing-masing, sambil melantunkan takbir dengan indahnya. Namun ada juga yang melakukannya dalam bentuk iring-iringan warga atau menyalakan obor. 

Warga Indonesia memang unik, tidak hanya kegiatan yang disebutkan di atas saja, ternyata di berbagai daerah Indonesia lainnya mempunyai tradisi-tradisi unik tersendiri. Berikut beberapa tradisi unik malam takbiran di berbagai daerah Nusantara. 

1. Pontianak - Meriam Karbit

Pada malam takbiran, para warga umumnya menyuarakan takbir dengan semangat dan suara lantang, ditambah dengan pukulan bedug untuk mengiringi alunan takbir. Lain hal dengan di Pontianak, daerah ini para warganya menggunakan meriam untuk memeriahkan takbiran agar menghasilkan bunyi ledakan yang keras.

Meriam ini disebut dengan Meriam karbit. Konon katanya, suara yang dihasilkan dari meriam dapat membuang sial serta mengusir roh-roh jahat yang mengganggu umat Islam pada saat hari kemenangan tiba, sekaligus menjadi pertanda waktu adzan maghrib telah tiba. 

Meriam Karbit dinyalakan di pinggiran Sungai Kapuas Pontianak, meriam dinyalakan sepanjang malam mulai dari adzan maghrib sampai menjelang pagi. Suara dentuman ini akan terdengar berkali-kali dengan durasi waktu yang tidak terbilang lama. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral