Hikmah Idul Fitri, Rasakan Kenikmatannya.
Sumber :
  • unsplash/ Rumman Amin

Hikmah Idul Fitri, Rasakan Kenikmatannya

Minggu, 1 Mei 2022 - 14:45 WIB

Idul Fitri selalu hadir sebagai penutup ibadah puasa Ramadan di setiap tahunnya. Seluruh umat Islam senantiasa menyambut dan merayakannya dengan rasa penuh kegembiraan, keceriaan, kebahagiaan, dan suka cita. Namun dibalik itu semua ada hikmah yang luar biasa dibalik idul fitri.

Sebelumnya Allah SWT telah mendidik manusia tanpa keterpaksaan tetapi dengan penuh kesadaran untuk menahan diri dari yang halal-halal agar dapat tahan dari hal-hal yang diharamkan. Hal ini merupakan fokus utama Ramadhan. Bahwa ketika Ramadhan usai, umat muslim diharapkan tidak tergoda dari melakukan hal-hak yang diharamkan.

Hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan yang akan dicapai dari kewajiban berpuasa itu sendiri yaitu manusia yang bertaqwa. 

Kata Id atau Eid sendiri berdasar dari akar kata aada – yauudu yang artinya kembali sedangkan fitri bisa berarti buka puasa untuk makan dan bisa berarti suci. Fitri yang berarti buka puasa berdasarkan akar kata ifthar (sighat mashdar dari aftharo – yufthiru) dan berdasar hadis Rasulullah SAW yang artinya:

”Dari Anas bin Malik: Tak sekali pun Nabi Muhammad SAW. Pergi (untuk shalat) pada hari raya Idul Fitritanpa makan beberapa kurma sebelumnya." Dalam Riwayat lain: "Nabi SAW. Makan kurma dalam jumlah ganjil." (HR Bukhari). 

Dengan demikian, makna Idul Fitri berdasarkan uraian di atas adalah hari raya dimana umat Islam untuk kembali berbuka atau makan. Maka dari itu, salah satu sunah sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri adalah makan atau minum walaupun sedikit. Hal ini untuk menunjukkan bahwa hari raya Idul Fitri, pada 1 syawal itu waktunya berbuka dan haram untuk berpuasa.

Haramnya berpuasa di hari Idul Fitri ini punya makna agung yaitu tegarnya menatap hari esok dalam bingkai kebersamaan. Kebersamaan menghadapi segala bentuk tantangan, rintangan, dan provokasi. Pemahaman yang tidak mudah di intervensi oleh kesesatan sehingga menjadi sosok kekuatan dalam bingkai persatuan:

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral