ilustrasi wakaf.
Sumber :
  • zakat.or.id

Tata Cara Pemanfaatan harta Wakaf Sesuai Syariat

Selasa, 3 Mei 2022 - 12:54 WIB

Para ahli fiqih mendefinisikan wakaf adalah sebuah praktik sedekah harta secara permanen dengan membekukan pemanfaatannya (tasaruf) untuk hal-hal yang diperbolehkan syariat.

Sebagai contoh, seorang muslim memberikan sebuah gedung untuk yayasan tertentu. Karena individu ini berniat memberikan gedung ini dengan status wakaf maka gedung tersebut tidak diperbolehkan untuk dijual kembali atau dihibahkan kepada pihak lain. Pengelola atau yayasan itu hanya diperkenankan mengatur pemanfaatan tanah tersebut untuk kemaslahatan yayasan sesuai yang diamanahkan.

Beberapa riwayat menyatakan bahwa wakaf pertama kali dalam sejarah Islam adalah wakaf yang dilakukan oleh Umar bin Khatab atas sebidang tanah Khaibar yang dimilikinya. Hal itu beliau lakukan atas perintah Nabi.

Sahabat Umar memberi beberapa syarat atas pewakafan tanah tersebut di antaranya tidak boleh dijual, diwariskan, dan juga dihibahkan.

Sahabat Umar juga memberi syarat agar pengelolanya diperkenankan memakan atau memberi makan kerabatnya dari hasil bumi tanah tersebut dengan sewajarnya, tidak berlebihan, dan bebas layaknya orang yang memiliki hak kepemilikan secara pribadi.

Riwayat lain menyebutkan wakaf pertama kali dalam Islam adalah wakafnya Nabi atas harta yang beliau terima dari Mukhairiq, seorang alim dari Bani Nadlir. Nabi menerima pemberian harta wasiat dari Mukhairiq di tahun ketiga Hijriyyah, kemudian selang beberapa waktu Nabi mewakafkannya (lihat: Syekh Ibnu Hajar al-Haitami, Tuhfah al-Muhtaj, juz 6, hal. 236).

Para ulama sepakat bahwa wakaf merupakan ibadah yang dianjurkan syariat. Sebelum ijma’ (konsensus ulama), terdapat banyak dalil yang menjelaskan pensyariatan dan keutamaan wakaf. Di antaranya firman Allah:

لَن تَنَالُواْ الْبِرَّ حَتَّى تُنفِقُواْ مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنفِقُواْ مِن شَيْءٍ فَإِنَّ اللهَ بِهِ عَلِيمٌ.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral