Gambar kegiatan halal bihalal.
Sumber :
  • viva.co.id

Ketahui Makna dan Sejarah Halal Bihalal pada Tradisi Lebaran

Rabu, 4 Mei 2022 - 15:00 WIB

Hari kemenangan telah kita raih, 2 hari sudah kita menikmati suasana lebaran yang begitu banyak arti, selain mensucikan diri kembali, lebaran juga menjadi momen untuk memperkuat tali silaturahmi antar umat Islam. 

Islam pun menganjurkan setiap umatnya untuk selalu melakukan silaturahmi karena silaturahmi adalah salah satu cara umatnya untuk memperpanjang umur, dimudahkan rezekinya dan dipenuhi rasa cinta dalam hidupnya. 

Seperti janji Nabi Muhammad SAW yang patut untuk direnungkan, Beliau pernah bersabda.

“Barangsiapa menjamin untukku satu perkara, aku jamin untuknya empat perkara. Hendaknya dia bersilaturahmi, niscaya keluarganya akan mencintainya, diperluas baginya rezekinya, ditambah umurnya dan Allah memasukkannya ke dalam surga yang dijanjikan-Nya”.(HR. Ar-Rabii’).

Maka dari itu, melakukan kegiatan silaturahmi merupakan kegiatan yang diteladani Rasulullah karena disukai oleh Allah SWT.

Seusai perayaan Idul Fitri, umat Islam biasanya memiliki tradisi untuk berkumpul, bercengkrama dan memohon maaf dari lahir dan batinnya, sehingga tanpa sadar umat Islam sedang melakukan kegiatan silaturahmi. 

Tradisi ini sering disebut dengan istilah halal bihalal yang dimaksud dengan halal bihalal yaitu, kegiatan tradisi berupa acara pertemuan atau perkumpulan yang digelar untuk saling bermaaf-maafan. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral