Ilustrasi siluet wanita bercadar.
Sumber :
  • unsplash.com

Mengenal Sosok dan Sifat Teladan Khadijah, Perempuan yang Paling Dicintai Nabi Muhammad SAW

Kamis, 12 Mei 2022 - 16:28 WIB

Perempuan bernama lengkap Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushay al-Quraisyiah al-Asadiyah adalah istri pertama dari Nabi Muhammad SAW. Khadijah lahir di  Mekah pada tahun 68 sebelum hijrah, dari seorang ibu bernama Fatimah binti Zaidah bin Jundub. 

Khadijah terlahir dari keluarga yang bisa dibilang bangsawan dari suku Quraisy. Keluarganya berhasil mendidik Khadijah menjadi wanita yang hebat, mempunyai akhlak yang baik, kuat, cerdas sehingga beliau menjadi wanita terhormat di wilayahnya.

Terlepas dari keluarga bangsawannya, Khadijah memang terkenal sebagai pedagang hebat dan besar. Dalam menjalani bisnisnya Khadijah sangat tekun untuk bekerja, tak heran jika beliau menjadi wanita kaya saat itu. 

Pada umur 40 tahun Khadijah dipersunting oleh seorang laki-laki yaitu, baginda Nabi Muhammad SAW. Saat itu status Khadijah adalah seorang janda yang ditinggal wafat oleh suami sebelumnya dan telah memiliki 1 anak, sedangkan saat itu umur Nabi Muhammad baru menginjak 25 tahun. 

Namun, lewat perilaku dan sifat Khadijah yang begitu mengagumkan, Nabi Muhammad pun luluh dan tidak mempermasalahkan jarak umur antara keduanya. 

Kisah pernikahan antara Khadijah dan Nabi Muhammad SAW bermula ketika keduanya melakukan kegiatan kerjasama dalam berbisnis. 

Di zaman itu, seorang perempuan tidak dibiasakan keluar jauh untuk melakukan kegiatan berdagang. Sehingga Khadijah bekerja sama dengan kaum laki-laki dengan sistem bagi hasil untuk melakukan transaksi yang ada di luaran sana. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral