Ilustrasi majelis ilmu.
Sumber :
  • viva.co.id

5 Fadilah Menghadiri Majelis Ilmu

Jumat, 13 Mei 2022 - 13:28 WIB

Masa lalu adalah tempat belajar sedangkan masa depan adalah di mana seseorang mengaplikasikan pelajaran yang telah didapat. Ungkapan itu mungkin mewakili pentingnya menimba ilmu bagi setiap individu.

Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang muncul di kemudian hari, seseorang harus berilmu. Selain melalui pengalaman sendiri, ilmu - ilmu ini juga dapat diperoleh melalui majelis ilmu.

Selain itu salah satu ciri utama yang membedakan Islam dengan yang lainnya adalah penekanannya terhadap ilmu. Banyak sekali ayat Al - Quran dan hadits Baginda Rasulullah SAW yang menjelaskan pentingnya kepada umat Muslim untuk menuntut ilmu.

Islam juga memberikan posisi khusus pada ulama ahli agama, ilmuwan, dan orang - orang yang berpengetahuan pada derajat yang tinggi. Karena di tangan - tangan orang berilmulah peradaban dibangun dan tiang - tiang agama dapat ditegakkan.

Perintah menuntut ilmu dan janji Allah terhadap orang yang menuntut ilmu tercantum dalam hadits yang berbunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ رَجُلٍ يَسْلُكُ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا إِلَّا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقَ الْجَنَّةِ وَمَنْ أَبْطَأَ بِهِ عَمَلُهُ لَمْ يُسْرِعْ بِهِ نَسَبُهُ

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tidaklah orang yang meniti jalan untuk menuntut ilmu kecuali Allah akan memudahkan jalannya menuju surga, sedangkan orang yang memperlambat dalam mengamalkannya maka tidak akan cepat mendapatkan nasabnya (keberuntungan).” (Shahih Muslim)

Berikut beberapa fadilah atau keutamaan bagi majelis ilmu dan orang - orang yang mencari ilmu.

1. Mendapatkan ketenangan, rahmat dan dimuliakan para Malaikat

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral