Ilustrasi seseorang bersalaman.
Sumber :
  • Freepik.com

Keutamaan Sifat Mudah Memaafkan Bagi Agama dan Kesehatan

Selasa, 17 Mei 2022 - 16:29 WIB

Manusia adalah makhluk sosial yang tentunya tak bisa jauh dari kegiatan bergaul dan berinteraksi. Disetiap harinya, manusia pasti melakukan hal ini kapanpun, dengan siapapun dan dimanapun manusia berada.

Dalam bersosialisasi sengaja maupun tidak sengaja seringkali mengalami yang namanya pro dan kontra. Disaat manusia mempunyai pendapat dan pemikiran yang berbeda akan timbul suatu perselisihan dan masalah. 

Membuat para pelaku interaksi terkadang mengeluarkan kata-kata atau perilaku yang membuat tidak nyaman kepada lawan bicaranya. Sehingga memicu rasa emosi yang alamiah dimiliki oleh setiap manusia. 

Padahal, Islam sangat membenci hal yang memancing perseteruan dan keributan apalagi tidak ada tujuan serta manfaatnya sama sekali. Solusi terbaik untuk menyelesaikannya, yaitu dengan berdamai dan saling memaafkan.  

Namun, terkadang salah satu darinya merasa gengsi dan malu untuk mengucapkan kata maaf dan mengakui kesalahannya. Bahkan, rasa marah yang besar membuat manusia sangat sulit untuk menerima permintaan maaf dari seseorang. 

Justru lewat manusia yang memiliki sifat untuk mudah memaafkan Allah SWT berjanji akan mengangkat derajatnya ke tingkatan yang lebih tinggi apabila manusia mempunyai sifat ini. 

Hal ini dibuktikan dengan salah satu Hadis Riwayat Muslim yang berbunyi :

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral