Masjidil Haram, Mekkah.
Sumber :
  • iStock Photo

Mengenal Haji Mujamalah, Kuota Haji dengan Undangan Kerajaan Arabi Saudi

Selasa, 28 Juni 2022 - 15:44 WIB

Jakarta - Ibadah haji merupakan impian terbesar bagi umat muslim seluruh dunia. Bahkan menabung dan rela menunggu bertahun-tahun untuk menunaikan ibadah ini.

Di Indonesia sendiri ada dua jalur bagi masyarakatnya untuk bisa naik haji, yaitu dengan mendaftar melalui jalur haji reguler atau haji plus. Namun tahukah anda bahwa ada jalur lain yaitu jalur Haji Mujamalah?

Haji Mujamalah merupakan haji yang visa-nya diperoleh dari kerajaan Arab Saudi, dan kuotanya berada di luar kuota haji Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Dikutip dari VIVA News, dilansir dari laman travelumrohalhijaz, Haji Furoda atau disebut juga dengan Haji Mujamalah merupakan ibadah haji dengan menggunakan Visa haji di luar kuota haji Indonesia. 

Pelaksanaan ibadah haji ini menggunakan undangan pemerintah Kerajaan Saudi Arabia atau visa haji mujamalah. Keberangkatannya tidak perlu menunggu antrian seperti Haji dengan Visa Haji Reguler maupun Haji Khusus Kuota Pemerintah RI. 

Visa haji mujamalah undangan pemerintah Kerajaan Arab Saudi merupakan haji resmi yang sudah disahkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Undang undang No. 8 Tahun 2019 tentang “Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh” pasal 17. 

Pasal 17 
(1) Visa haji di luar kuota haji Indonesia dilarang digunakan oleh Jemaah Haji. 
(2) Larangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikecualikan bagi warga negara Indonesia yang mendapatkan undangan visa haji mujamalah dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan Ibadah Haji. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral