Ilustrasi Kitab Suci Al-Quran.
Sumber :
  • Pixabay

Anjuran Islam dalam Merayakan Tahun Baru Islam, Amalan Berikut Dapat Menggugurkan Dosa Selama Setahun

Sabtu, 30 Juli 2022 - 19:47 WIB

Hari ini, Sabtu (30/7/2022) umat Muslim memperingati peristiwa penting, yaitu tahun baru Islam. Seluruh umat muslim merayakan tahun baru Islam dengan melakukan beberapa tradisi di berbagai daerah. 

Melansir dari laman Attaubah, Jumat (22/7/2022), pada awalnya tahun baru Islam diawali seorang Gubernur Basrah, Abu Musa Al-Asyari yang membuat surat dan diberikan kepada Umar bin Khattab. Beliau menyampaikan kebimbangannya tentang surat yang tidak memiliki tahun.

Kebimbangan umat Islam dalam menentukan tahun sebagai tanda dari sebuah peristiwa, masyarakat di Arab tidak menggunakan tahun melainkan hanya menggunakan hari dan bulan. 

Sejarah kalender pertama kali dibuat berdasarkan usul dari Ali Bin Abi Thalib. Beliau mengusulkan agar kalender Islam dibuat mulai dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah

Muharram menjadi bulan yang paling utama dalam kalender Islam. Bulan ini memiliki makna larangan untuk melakukan perang untuk pertumpahan darah dan dianggap Haram. 

Momen tahun baru Islam (1 Muharram) mengandung semangat perjuangan yang tinggi. Seluruh umat muslim bersemangat untuk berhijrah agar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. 

Rasulullah SAW bersama para sahabat telah melawan rasa takut dan rasa sedih dengan berhijrah. Sebab, tahun baru islam memiliki arti mendalam bagi umat islam. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral