Foto Ilustrasi Salat Berjamaah.
Sumber :
  • Istimewa/Antara

Kaum Laki-laki Muslim Wajib Menunaikannya, Ini Niat dan Tata Cara Salat Jumat

Jumat, 2 September 2022 - 09:31 WIB

Sumatera - Bagi umat muslim, hari Jumat merupakan hari yang penuh berkah atau hari yanng penuh dengan keistinewaan. Selain itu, setiap hari Jumat pula, seluruh umat muslim dari seluruh belahan dunia, terutama bagi kaum laki-laki diwajibkan untuk menunaikan ibadah salat Jumat.

Dilansir dari jurnal bertajuk 'Reinterpretasi Shalat Jumat' yang ditulis Ali Abubakar dari Fakultas Syariah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, bahwa pendapat mayoritas yang berkembang, salat Jumat diwajibkan kepada setiap mukallaf yang laki-laki, dewasa, merdeka, sehat, mukim dan bebas dari uzur. 

Hal itu juga merupakan pendapat yang dipegang oleh mazhab Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali. Bahkan, hal itu didasari hadis-hadis populer seperti, 

"Jumat adalah kewajiban setiap muslim dalam sebuah jamaat, kecuali empat orang: budak, perempuan, anak-anak dan orang sakit," (HR Abu Daud). 

Disamping itu, jika para kaum laki-laki dewasa muslim bila tak menunaikan salat Jumat juga harus memahami ganjaran dan ancaman yang akan didapati. Hal itu juga didasari hadis,

"Siapa yang meninggalkan salat jumat sebanyak tiga (3) kali, bukan karena darurat atau halangan maka Allah akan mengunci hatinya," (HR. Ibnu Majah).

Namun, sebelum menunaikan salat Jumat, dianjurkan untuk melengkapi dengan sunnag salat Jumat, seperti mandi, memakai wewangian, memakai pakaian serba putih dan datang lebih awal ke mesjid. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral