Ustad Khalid Basalamah.
Sumber :
  • instagram/Hidayah Indonesia

Pernah Merasa Tersakiti? Ini Tips Mengatasi Rasa Dendam dan Mengubahnya Menjadi Pahala

Jumat, 2 September 2022 - 19:20 WIB

tvOnenews - Rasa dendam kadang hadir ketika kita merasa tersakiti oleh suatu hal atau seseorang, kemudian kita ingin sekali membalasnya. Perasaan seperti ini terkadang justru menjadi bumerang yang malah menyusahkan diri kita sendiri.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi rasa dendam yang sudah terlanjur kita rasakan? Berikut penjelasan singkat yang dipaparkan oleh Ustad Khalid Basalamah dalam sebuah cuplikan video yang diunggah akun instagram Hidayah Indonesia.

Dalam sebuah kesempatan, Ustad Khalid Basalamah memberikan sebuah ceramah terkait dendam dan bagaimana sebaiknya mengatasinya. Menurutnya, rasa dendam tidak ada dalam Islam.

“Dendam dalam Islam, sebenarnya setau saya tidak ada. Gada dendam, gitu kan, gada putus asa, gada penyesalan.” kata Ustad Khalid, dilansir dari unggahan video akun instagram Hidayah Indonesia (2/9/2022).

Ia juga menjelaskan mengenai penyesalan. Seseorang tidak perlu menyesal dengan hal-hal yang tidak sesuai syariat. Kita boleh menyesal dalam keadaan bertaubat dimana ia menyesali perbuatan dosanya.

“Artinya penyesalan ini dalam hal-hal yang memang tidak dibolehkan secara syariat ya. Seperti misalnya ngga jadi dapat makanan tertentu trus nyesal, ga jadi nikah sama orang lain  trus nyesal. Itu ga perlu.” jelas Ustad Khalid.

“Tapi kalo penyesalan karena pernah berbuat dosa, sebagai syarat tobat karena menyesali, kenapa dulu saya lakuin, itu lain.” sambungnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral