Ilustrasi Orang Sedang Berzikir.
Sumber :
  • Istimewa/pixabay.com

Ini Amalan yang Wajib Dibaca Setalah Salat, Dapat Menambah Pahala Hingga Melindungi Manusia dari Godaan Setan

Senin, 5 September 2022 - 09:42 WIB

Sumatera - Setiap melaksanakan ibadah salat, alangkah lebih baiknya bagi umat muslim membacakan amalan setelah salat seperti   membaca doa dan zikir. Sebab, mengerjakan amalam setelah salat, sepeti membaca doa dan zikir pahalanya akan bertambah.

Bahkan, selain itu ada amalam setelah salat yang wajib dibaca agar manusia terlindungi dari godaan setan di dunia. Menurut Ustaz Adi Hidayat, amalan setelah salat adalah zikir. 

Namun, ia katakan, apabila bagi umat muslim yang telah melaksanakan salat tetapi tidak mengerjakan amalan pasca salat, bahwa salatnya sudah sah. Hanya saja, amalan pasca salat seperti zikir tidak dikerjakan, nantinya akan kehilangan potensi-potensi amalan-amalan seperti pahala-pahala.

"Amalan pasca salat adalah zikir, apa itu zikir? zikir itu secara singakat segala amal atau aktivitas yang mampu mendektakan kita dan mengingatkan kita dengan Allah SWT. Jadi kalau amalan seperti zikir dikerjakan setelah salat, kita lebih ingat dan dekat kepada Allah," ujar Ustaz Adi Hidayat, seperti yang dikutip tvonenews.com dari audio dakwah, Senin (5/9/2022).

Namun, apabila ada yang zikir setelah salat tidak dekat dan tidak ingat dengan Allah SWT, Ustaz Adi katakan, berarti ada yang salah mebacakan zikirnya. 

"Karena zikir itu disyariatkan oleh Allah, tujuan utamanya adalah agar membuat manusia dengan Allah. Tahu dari mana ustaz dalilnya? buka Qur'an sekalian, qs al baqarah surat ke 2 ayat 152, maka bezikirlah kepada Allah, ingat kepada Allah, maka Allah akan ingat kepada kalian (manusia)," ujarnya. 

Jadi, ia jelaskan, Allah akan ingat kepada manusia apabila manusia ingat kepada Allah, dan mustahil Allah ingat kepada manusia bila manusia atau umat Allah tidak ingat kepada Allah. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:59
01:48
06:43
06:09
02:32
04:51
Viral