Ilustrasi Berdoa.
Sumber :
  • Istimewa/pixabay.com

Catat, Ini Doa Pergantian Tahun Hijriah, Hukumnya Sunah

Jumat, 9 September 2022 - 10:15 WIB

Sumatera - Indonesia negara yang memiliki mayoritas agama Islam. Namun, pada penanggalan dan kalendernya, negara tersebut menggunakan kalender tahun masehi. Akan tetapi sebagian umat muslim di negara itu juga menggunakan kalender Hijriah sebagai acuan dalam penanggalan umat Muslim. 

Kalender Hijriah ini ada pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab. Hal itu terjadi, pada saat Umar bin Khattab sebagai amirul mukminin atau pemimpin umat Islam kedatangan utusan yang memabawa surat tanpa disertai tahun. 

Kejadian itu, membuat pemimpin umat Islam itu mengumpulkan para sahabatnya untuk melakukan ijma atau musyawarah dalam menentukan kalender Islam. Akan tetapi, patut diketahui nama-nama bulan dalam kalender Hijriah telah ada sejauh sebelum Islam datang di Indonesia

Selain itu, acuan kalender Hijriah ini begitu penting bagi umat Islam di Indonesia hingga seluruh dunia. Bahkan, doa akhir tahun Hijriah pun ada, di mana doa tersebut disunahkan bagi umat Islam di belahan dunia. 

Doa yang paling utama dipanjatkan pada pergantian tahun Hijriah adalah memanjatkan doa syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan anugerah nikmat dan karunia-Nya kepada umat muslim. 

Dilansir dari mui.or,id, adapun doa dalam bentuk teks tulisan Arabnya sebagai berikut.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ أَ تُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِي وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّيْ أَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ. وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ التَّوَّابَ فَأَسْئَلُكَ اَللَّهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral