ilustrasi restoran.
Sumber :
  • Freepik/rostyslav84

Kerap Disepelekan, Bagaimana Hukum Makan di Tempat yang Menyediakan Minuman Keras? Berikut Penjelasannya

Jumat, 9 September 2022 - 10:50 WIB

tvOnenews, Hukum Makan - Salah satu aktivitas manusia yang tidak bisa dilepas sejak lahir hingga meninggal dunia adalah, makan. Makan merupakan kebutuhan utama semua makhluk hidup untuk bisa bertahan hidup.

Ketika sedang bepergian dan berada diluar rumah, kemudian merasa lapar, kita biasanya mencari resto atau warung. Saat ini banyak tempat makan yang mudah kita temui, terlebih di kota-kota wisata. Sebab wisata kuliner menjadi salah satu daya tarik.

Saat ini banyak sekali tempat makan atau restoran yang menyediakan minuman keras dan makanan haram. Sebagai contoh restoran di mal atau pusat perbelanjaan yang menyediakan makanan halal, namun menyediakan minuman keras yang diharamkan bagi umat islam.

Lalu bagaimana hukum makan ketika kita masuk ke sebuah warung atau restoran yang menyediakan makanan halal, namun menyediakan minuman haram?

Umat muslim dianjurkan untuk tidak duduk di dalam warung atau resto yang di dalamnya menyediakan minuman keras. Sebagaimana hadits dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu 'anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلاَ يَقْعُدْ عَلَى مَائِدَةٍ يُدَارُ عَلَيْهَا الْخَمْرُ

Artinya: "Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah dia duduk di hidangan makanan yang di sana disediakan khamr." (HR. Ahmad 15027, Turmudzi 2801 dan dishahihkan al-Albani).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:13
03:54
03:28
02:35
00:56
08:45
Viral