Ilustrasi Kemarau.
Sumber :
  • Istimewa/pixabay.com

Ini Doa Dianjurkan Rasulullah untuk Dibaca Saat Kemarau Panjang

Minggu, 18 September 2022 - 09:33 WIB

Sumatera - Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Untuk musim kemarau atau musim kering ini terjadi di Indonesia, saat curah hujan yang rendah. Nah, musim kemarau ini bisa berdampak kepada tumbuhan-tumbuhan yang ditanam petani, sebab bisa tumbuhan mereka dapat kekeringan dan dapat mengakibatkan gagal panen. 

Akan tetapi, jangan khawatir saat musim kemarau tiba, sebab Allah tidak akan membuat umatnya menderita. Bahkan, Rasulullah menganjurkan manusia untuk memohon atau berdoa kepada Allah SWT dan tentu memohon kepadaNya untuk menurunkan anugerahNya berupa air. Perintah permohonan ampun ini dapat ditemukan pada firman Allah SWT sebagai berikut.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Artinya:
"Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu,–sungguh Dia adalah Maha Pengampun–niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, membanyakkan harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (Surat  Nuh ayat 10-12).

Berikut doa yang dibaca Rasulullah saw saat sedang khutbah Jumat. Di mana seorang sahabat datang ke dalam masjid menceritakan bencana kekeringan dan meminta Rasulullah yang sedang khutbah Jumat untuk berdoa kepada Allah.

اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا, اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا

Allāhumma agitsnā, allāhumma agitsnā.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral