Ilustrasi Al-Qur'an dan Tasbih.
Sumber :
  • pexels

Wirid Sakran Baik Dijadikan Doa dan Dzikir Harian Setelah Menunaikan Salat Subuh atau Sebelum Matahari Terbit

Minggu, 25 September 2022 - 04:18 WIB

tvOnenews - Wiridan adalah salah satu aktivitas ringan yang bisa dilakukan agar waktu luang seorang muslim bernilai ibadah. Dengan melakukan wiridan, seseorang bahkan dapat terampuni dosa-dosanya dan di ujung hidupnya kelak mendapat predikat husnul khotimah.

Mengucapkan kalimat Allah dapat dilakukan di dalam hati maupun secara lisan. Namun secara umum wirid biasanya dilakukan usai pelaksanaan salat fardhu. Hal itu guna menambah kesempurnaan ibadah salah yang wajib bagi setiap muslim.

Di dalam Al-Qur’an, wirid sangat dianjurkan sebagaimana disebutkan dalam ayat berikut ini:

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allahlah hati menjadi tenteram (QS Al Rad/13:28)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa dengan selalu mengingat Allah SWT maka hati setiap manusia akan tentram.

Ada banyak sekali bacaan wirid yang bisa diamalkan sehari-hari. Salah satunya yaitu Wirid Sakran, atau yang dikenal dengan istilah hizib sakran,.

Wirid ini dikenal ampuh untuk melindungi diri dari berbagai hal buruk. 

Wirid Sakran berisi doa dan dzikir yang diambil dari Al-Qur’an dan hadits dan merupakan karangan Imam Abu Bakar As-Sakran bin Syeikh al Ghauts Abdurrahman Assegaf.

Wirid ini sangat baik jika dijadikan sebagai doa dan dzikir harian terutama setelah menunaikan sholat subuh atau sebelum matahari terbit.

Berikut bacaan Wirid Sakran berserta artinya : 


بسم الله الرحمن الرحيم. اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَحْتَطْتُ بِدَرْبِ اللَّهِ، طُوْلُهُ مَاشَاءَ اللَّهُ، قُفْلُهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، بَابُهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:36
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
Viral